Jumat, 04 Maret 2016

Online HandyCraft


ABSTRAK
                Di era globalisasi seperti sekarang ini semakin banyak perusahaan-perusahaan besar yang menawarkan pekerjaan yang menjanjikan, namun semua itu berbanding terbalik dengan tenaga kerja yang sedang mencari pekerjaan. Sehingga hanya segelintir orang-orang beruntung saja lah yang mendapatkannya. Dan tak sedikit pula orang-orang pandai dan berbakat yang akhirnya tidak diterima.

                Lalu bagaimana? Apakah akan menganggur? Saya katakan “janganlah menunggu peluang, namun ciptakanlah peluang itu”. Setiap manusia selain memiliki kepandaian intelektual pasti memiliki kemampuan atau bakat masing-masing. Seperti keahlian dan kreativitas untuk membuat suatu buah tangan atau yang saya sebut “HandyCraft”.
                Dengan kemampuan dan kreativitas tersebut pasti dapat tercipta sebuah karya yang memiliki harga jual tinggi, selain itu dengan anda berdagang handy craft anda juga dapat membantu usaha go green karena yang anda gunakan adalah barang-barang bekas yang anda sulap menjadi barang yang bernilai jual. Karena menggunakan barang bekas, bahan yang di perlukan tidaklah susah dicari serta yang paling penting menghemat biaya produksi serta dapat menjaga kebersihan.

ISI
Usaha berjualan aneka handycraft atau souvenir sebenarnya hampir sama dengan menjual pernak-pernik kebutuhan anak atau remaja, tetapi berbeda cara pembuatan dan distribusi penjualannya, tergantung target pembelinya. Namun bisnis ini memliki sedikit perbedaan dengan berjualan handycraft biasa. Apakah perbedaannya? Perbedaan itu terdapat dalam tehnik pemasaran dan penjualan itu sendiri. Seperti namanya Online HandyCraft, bisnis ini bergerak tidak hanya secara toko fisik namun juga memiliki toko online dalam bentuk website/blogspot dan/atau lapak di online shop seperti buka lapak atau tokopedia.
Bisnis handycraft ini terhitung bisnis yang sangat mudah, meskipun anda tidak terlahir dengan bakat dalam hal ini amda tetap dapat mempelajarinya asalkan memiliki kemauan, sedangkan berlatih ini pun juga sangatlah mudah. Dan ini bebepara pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan:
1.       Info tempat-tempat Jual Souvenir atau handycraft, mulai dari yang sederhana sampai yang unik, dari yang berharga murah (grosir) sampai yang berharga mahal dengan sentuhan pribadi.
2.       Info tempat kursus handyraft (keramik, lilin, clay, Chocolate Souvenir).
3.       Kemampuan menjalin hubungan baik dengan pelanggan (perorangan dan kantor) dan event organizer yang sering mengadakan acara gathering, seminar atau product launching.
Selain beberapa hal tersebut ada pula beberapa modal yang diperlukan:
1.       Anda hanya perlu satu ruangan khusus di rumah (garasi, paviliun atau ruangan tamu) anda juga bisa menyewa paviliun kecil sebagai showroom atau Toko Souvenir yang anda tawarkan.
2.       Lemari dan rak-rak kaca untuk memajang aneka Chocolate Souvenir dan handycraft.
3.       Album atau katalog produk yang pernah anda buat dan jual. Hal ini memudahkan calon pelanggan untuk memilih souvenir yang mereka inginkan.
4.       Sisihkan dana untuk mengikuti kursus membuat souvenir sehingga souvenir/handycraft produksi anda lebih bernilai seni seperti souvenir dari coklat (Toko Cokelat).
Tahu dimana Anda akan bekerja. Temukan tempat dimana Anda bisa bekerja, dengan mempertimbangkan efisiensi dan kemungkinan perluasan bisnis Anda. Apakah Anda bekerja di ruang yang terpisah atau menyewa workshop, studio Anda haruslah memenuhi kebutuhan Anda dalam hal ukuran, layanan, keamanan dan keselamatan. Mungkin Anda ingin bekerja dari rumah saat memulai usaha dengan pertimbangan overhead yang lebih rendah dan mulai dengan modal yang kecil. Pastikan tempat kerja Anda memiliki sistem elektrik dan ventilasi, terlebih jika Anda menggunakan bahan kimia.
Bentuk pemasaran bisnis kerajinan yang paling efektif adalah reputasi Anda atas mutu yang tinggi. Dengan membuat produk kerajinan yang bermutu secara konsisten, yang menarik dan inovatif, reputasi Anda bisa dijadikan sebagai iklan dari mulut ke mulut. Iklan dari mulut ke mulut, terlebih jika opini diberikan oleh orang berpengaruh (msl. Kolumnis koran), merupakan alat yang ampuh yang bisa membangun bisnis Anda.
Beberapa tips memasarkan produk anda:
1.       Kartu bisnis dan pamflet yang mengilustrasikan dan menjabarkan produk Anda. Pilih produk terbaik Anda untuk ditunjukkan dan pastikan membuat foto yang bagus.
2.       Cerita menarik terkait dengan bisnis kerajinan Anda. Bisa saja cara yang unik dimana Anda menghasilkan kerajinan, bahan-bahan asli yang Anda gunakan, atau bagaimana Anda memulai apa yang Anda sukai. Anda bisa meletakkan cerita Anda di website, memasang ide cerita di editor surat kabar, termasuk dalam brosur Anda.
3.       Portfolio produk Anda. Membuat portfolio produk terbaik Anda dengan menggunakan foto bermutu. Membuat binder yang dipenuhi oleh produk terbaik bisa saja mahal, tapi penting untuk mewakili galeri, butik, dan retailer lainnya, desainer interior, bahkan arsitek.
4.       Direct mail. Pastikan Anda memiliki daftar mailing list. Gunakan cetakan kartupos, dibandingkan flyer atau brosur untuk memotong biaya.
5.       Iklan online. Ada banyak bentuk iklan di Web yang bisa Anda coba: membeli iklan banner, Google ad word untuk kata kunci Anda, atau mendonasikan produk Anda untuk kontes website.
Sekian tentang bisnis HandyCraft semoga dapat bermanfaat dan membantu. Berikan kritik dan saran di comment di bawah atau kirim email ke azizeternaly@gmail.com
                                                                                                                                
REFRENSI
http://siapbisnis.net/7-tips-cara-memulai-usaha-baru-bidang-handicraft-yang-wajib-anda-aplikasikan/
http://wirausahamodalkecilkita.blogspot.co.id/2013/01/bagaimana-memulai-bisnis.html
http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-mikro/kiat-memulai-bisnis-handicraft

Tidak ada komentar:

Posting Komentar